Rabu, 03 Agustus 2011

Sistem Pendingin

Sistem pendinginan dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal.
Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.

MACAM-MACAM SISTEM PENDINGIN
1. Pendinginan udara
2. Pendinginan air
Komponen utama dalam sistem air adalah :
Radiator, berfungsi untuk melepaskan panas.
Saluran berupa pipa (tube) atau selang karet (hose).
Pompa, berfungsi untuk sirkulasi air dalam sistem.
Thermostat, berfungsi untuk menutup atau membuka jalur sirkulasi.
Kipas, berfungsi untuk membantu pelepasan panas pada radiator.
Sistem ini angat umum dipakai pada mobil, sedangkan sepeda motor jarang menggunakan tipe ini.
Sistem pendingin air terdiri dari beberapa komponen, yaitu water jacket, pompa air, radiator, thermostat, kipas, dan selang air. Secara sederhana, mekanisme kerja sistem pendingin mesin mobil bisa dibagi menjadi dua, saat mesin dalam kondisi dingin dan panas. Bila mesin masih dalam keadaan dingin, pendingin diberi tekanan oleh pompa air dan bersirkulasi. Saat itu thermostat masih tertutup, sehingga cairan bersirkulasi melalui selang bypass dan kembali ke pompa air.

Thermostat
berfungsi untuk mempercerpat suhu keja mesin yaitu 80° – 90° C

Water pump adalah bagian sistem pendinginan mesin yang berfungsi
melakukan sirkulasi air secara paksa

Radiator cap adalah tutup radiator yang berfungsi mengendalikan
tekanan pendinginan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar